malu bertanya sesat di jalan...kebanyakan bertanya??? Binggung di jalan.

Entah nasib atau memang guenya aja yang 'kurang beruntung'
hari ini gue ada janji test + interview di EF tanjung duren...

pas ditelfon sama HRD gue sempet nanya,
"hm..kalao mau kesana naik angkutan umum apa ya?"
di jawabnya..dia kurang tahu kalau dari Binus..kayaknya M24 bisa..EFnya deket TA sama CL katanya...

gue binggung, tapi gue iya iya aja lah..nggak enak juga..nanya panjang lebar...
lalu mulailah gue search via Google Map
gue ketik "EF Tanjung Duren"
dan ternyata letaknya di depan rumah sakit Siloam persis.
I was so happy, karena gue tahu tempat itu...itu kan tempat gue baik-turun bus kalau mau pulang pergi ke rumah.

belum puas, gue tanya temen gue lagi...dan dia bilang naik angkutannya 91 sama B14(arah tol)
wah semakin yakin gue..berhubung lokasi yang gue liat di google Map juga ada di pinggiran tol Jakarta-Merak

cuma di google Map ada yang janggal juga sih...alamat yang keluar nggak sama dengan yang dikasih...tapi nama jalannya sama, jalan Arjuna Selatan.

dan keesokkan paginya...setelah gue ganti2 kemeja sampe 3x..bersolek (ce ileh) biar ga keliatan pucet, plus semprot2 biar wangi...gue siap jalan!
janji interviewnya jam 10
jam 9 kurang gue udah jalan...print CV dan sarapan dulu
dan sekitar jam 9.10 naiklah gue ke bus 91..
sampe di tempat buat naik B14, gue sempet was-was...kata temen gue tanya dulu...akhirnya gue tanya dulu..

pertama yang ke arah Puri, gue tanya
"mas ini ke arah EF Tanjung Duren nggak?"...abangnya bilang.."bukan...tanjung duren yang sebelah sana"...

yaudah gue nyebrang... dan nanya lagi sama abang angkot B14 yang lagi nge'tem...
"bang, ini ke arah EF Tanjung Duren ya?"
"iya..naik neng"
gue naik, si abang nanya lagi
"EF itu apaan yah neng"
"itu bang tempat les bahasa inggris gitu"
"ooo"
"iya depannya tol kebun jeruk"
"ha?? TOL? kalau yang ke arah tol mah yang sebelah sana neng, kalau tanjung duren yang kesini"
"iya bang, namanya EF Tanjung Duren tapi letaknya di pinggir tol"
"oh iya sebelah sana"
"oo..yaudah makasih bang"

dan gue pun turun...untung tuh angkot masih nge'tem'

tanpa basa basi lagi..gue langsung aja tuh naik b14 yang ada disebrang...(gue nggak mau nanya lagi..tar gue disuruh naik yang Tajung Duren lagi..)

dan mobil itu pun jalan...penumpangnya pada turun sampai akhirnya tinggal gue dan seorang cowok yang pakai kemeja biru garis-garis...(gue pikir jangan2 dia juga sama tujuannya ma gue, tapi ternyata dia turun di UKRIDA)

dan tinggal gue sendiri di angkot..(di depan ada penumpang sih)
dan mulailah gue menjajah tuh angkot..so gue bisa ngeliat jalan dengan enak...gue bisa ngeluarin kepala gue buat ngeliat2in palang gedung2 yang nggak keliatan kalau dari dalam angkot...

nah semua gedungnya sama dengan yang gue liat di Google Map..sampe gue sampe di satu titik yang bikin gue tambah seneng, "Lion Plaza, Superindo" ...bangunan ini ada disebelah persis titik yang gue tuju di Google Map...gue semakin perhatiin jalan...tapi tetep aja..nggak ada palang EF..adanya FIF (astra motor apa gitu)

si abang angkot kayaknya nyadar gue orang ga tau jalan, so dia nanya gue
"dek..dek..mau kemana..ini mau Puri"
"hm..ke EF..."sambil liatin jalan depan gue udah tanah kosong kayak tempat pabrik2, gue mutusin buat turun aja deh.
"udah lewat deh kayaknya, turun sini aja bang"
dan gue turun kek anak ilang ditengah jalan..

gue jalan balik lagi ke deretan ruko yang samping Lion Plaza..dan nggak ada palang EF sama sekali. di ATM bank apa gitu, gue liat ada satpam, gue tanyalah..

"permisi pak, EF ada dimana ya?"
"itu" katanya sambil nunjuk ke depan..
"hm..bukan FIF pak, tapi EF, tempat les bahasa inggris gitu" (gue nge Check)
"English First?"
"hm..waduh..saya kurang tau...setau saya disana (nunjuk ke arah Puri) abis flyover" katanya sambil ragu-ragu...
"ooh...(belaga percaya gue)...kalao FIF itu apaan yah pak?"
"oh itu motor-motor gitu"
"ok pak..makasih"

Gue kaga percaya mah tuh satpam, gue pikir mendingan gue telfon EF nya langsung aja deh..dan nyambung...diangkatnya lama...
CSnya cowok..keknya agak jutek..

"maaf, saya mau tanya posisi EF Tanjung Duren ada dimana yah?"
"ha??"
"iya, saya ada janji interview tapi saya nggak tahu EF nya dimana"
"Oh posisi EF Tanjung Duren, ada di jalan...(dia sebut anma jalan apa gitu)"
"ha? itu dimana ya?
"pinggir tol..RCTI RCTI"
"ooh...hm..kalau dari Lion Plaza udah deket belom?"
"Oh Lion Plaza SUper Indo? udah..kira...20 M, nanti juga keliatan palang nya"
"oh..ok2..makasih"

dan mulailah gue jalan ke arah Lion Plaza...dan sampe Mall Lion Plaza, gue belom liat tuh palang EF...binggung lagi gue. gue liat ada satpam lagi...dan mulailah gue tanya lagi..

"permisi pak..EF dimana ya?"
"itu..samping BCA"
"hm..bukan FIF pak, EF tempat les bahasa inggris gitu"
"oh...ga tau de..alamatnya dimana?"
gue langsung ambil HP dan ngeluarin alamat yang gue catet...
"waduh..blok apa mbak..disini ada blok-bloknya.."
"tapi jalannya bener pak?"
"bener..tapi yah harus ada bloknya disini ruko-ruko semua kayaknya gini. kayaknya disana...(nunjuk ke arah Tol kebun jeruk)"
"oh yaudah deh pak...makasih pak"

karena gue masih percaya banget sama insting gue soal letak yang gue liat di Google Map, gue lanjut jalan ke arah samping Lion Plaza...dan emang ga ada tanda-tanda palang EF
gue putusinlah telpon CS lagi..panggilan masuk...dan baru bunyi 'tut....tut..." bentar telpon langsung direject...

gue mikir, jangan2 nih orang males angkat tau gue yang telfon...gue telpon lagi...dan jawabannya adalah
"the telphone you're calling is switched off..please try again later"

gue ngelamun bentar di bawah pohon...dan gue bisa liat disebrang gue, dibalik pohon-pohon ...ada siloam...dan gue semakin yakin, gue ada di titik yang sama dengan yang ditunjuk ma om Google


karena gue masih penasaran gue coba telpon lagi tuh CS EF dan jawabannya sama..."the telphone you're calling is switched off..please try again later"....telponnya dimatiin...

mungkin 20 m ke arah tol kebun jeruk..dan gue jalan balik lagi ke arah Plaza Lion...jalan terus...dan emang nggak ada tuh palang EF sampe mentok gue jalan, hampir sampe pintu keluar tol Kebun Jaruk.

mana gue ketemu ma tuh satpam yang tadi di Lion Plaza..

"udah ketemu neng"
"belum pak"
"iya..harus ada bloknya..dikolong pintu tol sana mungkin"
"oh iya..iya..permisi pak.."
dan gue jalan lagi...dan nggak ada....

dan gue mule mikir..apa kalau dipeta itu kan skalanya kecil...jadi keliatanya deket..padahal masih jauh..atau maksudnya si CS itu 20km bukan 20M
yaudah gue naik lagi tuh b14 ke arah Puri
gue liatin tuh jalan...dan nggak ada tanda-tanda EF..mana tuh abang ngebut banget banget banget...
jalannya lurus terus..sampe akhirnya dia belok...(dan gue mulai panik tapi gue berusaha tetep tenang, gue mikir tar kalau ada angkot merah b14 yang ke arah sebaliknya gue baru turun..biar gue bisa balik ke tol tadi)

dan gue liat ada angkot merah..gue bilang kiri...dan cepet-cepet nyebrang...nunggu angkot B14...
setelah nunggu 10 menitan akhirnya ada juga angkot B14 yang lumayan penuh..gue duduk depan...

tuh angkot emang balik lagi ke arah ayng berlawanan sama angkot yang gue naikin...sampe akhirnya tuh angkot PUTER BALIK DAN JALAN di rute yang sama dengan angkot yang barusan gue turun.....OMG..semakin pasrahlah gue...
udelah terserah gue mau dibawa kemana..gue binggung..apa semua angkot disini menuju ke tujuan yang sama.....
gue penik sebenernya..soalnya gue nggak tau jalan...dan yang gue tahu jelas..ini jalan semakin menjauh dari Tol kebun jeruk...gue mikir gue ikutin ajalah nih angkot..percuma juga gue turun tar yang ada jalannya balik kesini-sini lagi...

perjalanan lumayan jauh....lewatin perumahan...sampe akhirnya gue tahu persis tempat yang gue lewatin...
PURI...iya..MALL Puri indah...
OMG
akhirnya gue turun di rumah sakit Puri....dan nyebrang (lagi) dan nunggu angkot B14 Lagi lagi dan lagi...

pas ada yang lewat..gue stop dan nanya dulu
"bang, ini yang ke arah tol bukan?"
setelah abangnya mangut2 sambil bilang iya..gue naik....dengan muka hopeless...ini udah jam 11
dan gue udah nggak mau lagi turun meskipun gue liat palang EF segede gaban...

gue tetep perhatiin jalan..dan gue tetep nggak liat palang EF...
udahlah gue pasrah naik B14 sampe tempat gue naik 91 tadi pagi

dan di depan kampus UKRIDA...cowok yang pakai kemeja garis-garis naik lagi..dia duduk depan
astaga..semakin sedih aja deh gue..dia aja udah selese ngampus..nah gue selama 2 jam'an luntang lantung....bener-bener2 kek orang susah..pegang CV..pake kemaja rapih..tanya sana tanya sini...what a really nice day :)

dan gue sampe di tujuan gue, & naik 91....
ada lagi aja nih yang bikin kesel
pas lewatin BINUS square, ada palang segede gaban "telah dibuka EF Tanjung Duren"
OMG..gue jadi tambah mikirr kenapaa...jalanan pun ikutan ngetawatin gue...sialan banget...

sampe kost ternyata udah jam 11.30an...
DEHIDRASI gue, plus nggak ada duit lagi...udah abis buat naik turun angkot...
dompet kosong, belum narik duit lagi....

dan gue pun langsung cari e-mail HRDnya EF dan gue kirim e-mail yang isinya bisa dibilang 'curhat' hahahaha


Dear, Ms. Lydia

I'm very sorry , I was unable to come to fulfill your invitation for test and interview as non native teacher at EF
which was held on Oct, 29th 2010 at 10.00 a.m.


My main problem is I could not get clear information where EF Tanjung Duren is.
I stopped at Lion Plaza (Super Indo) at 9.30 a.m and I called EF CS and the person who answered the phone said it was about 20meter more to reach EF..
and I still didn't see any sign of EF building. I asked some security guards, but they were also as confused as I was.
I had tried to call EF again several times to inform that I was unable to make it on time, but there is no answer. At the end, I got lost, and ended up at Puri.
considering I was already late (it was 11.20 a.m), so, i decided to stop searching for EF Location. Maybe next time, I should take taxi instead of public transportation.

I am very sorry that I can't attend the appointment which we have arranged from yesterday.
is there any possibility that I can get another chance to join the test and interview?
I'll appreciate whatever your answer is.

*I tried to inform you by phone, but there is none answering the phone.

Thank You

Have a nice day

-Sofiany-
gue masih aja penasaran, gue liat lagi Google Map..dan gue yakin..gue berdiri di tempat yang benar...tapi nggak ada EF disitu...di Google Map ditulis EF Jakarta
ah nyebeiin abis..akhirnya gue buka web EF
dan ternyata di situ ada peta yang jauh lebih jelas...

sialan..ternyata gue muter2 di Lokasi yang salaah..OMG..cape de...

beberapa menit setelah gue kirim itu E-mail..gue ditelpon ma mba Lydia...

"halo, ini dengan Sofiany?"
"iya.."
"ini aku Lydia dari EF, aku barusan baca E-mail dari kamu"
*gue ketawa..dna dia juga ketawa*
"iya..maaf banget..nyasar..."
"oh..di E-mail kamu tulis udah sampe Lion Plaza yah...kamu tulis 20m..sebenernya masih jauh sih"
"oh..."
"kamu naik angkot ya?"
"iya.."
"nomor berapa?"
"B14"
"oh udah bener tuh.."
*terus dia jelasin lagi jalan-jalannya*
"jadi dari Lion Plaza itu masih lumayan jauh yah?"
"Iya.."
"oooh..." (what? jangan2 gue salah denger pas CSnya jelasin)
"iya..mungkin minggu depan kamu bisa aku panggil lagi"
"oh iya2..maksih yah mbak"
"iya..nanti aku kabarin.."
"ya..makasih"

-------dan berakhirlah cerita gue---------

kalau jumat depan gue dipanggil lagi, gue mau cari ajlan menuju EF dulu lah..kapok nyari jalan pas hari H
(btw gue diminta dateng pas hari H-1 sih)

cape nyaaa....ato lain kali naik taxi ajaa...mudah praktis....stress
pengalaman mau test ma interview aja ribet begini..OMG OMG...
maybe emang udah takdir hari ini gue nggak boleh ikut begonoan..ato..mungkin emang gue yang begitu cerobohnya sampe nyasar2 ke PURI..hahahahaha

______________________________________________________________________


 Hi semua, karena banyak yang tanya kira-kira gini jalan buat kesana:


Jadi gedung EF itu terletak di Gedung Tomang Tol lantai 4.
Gedung itu dilewatin sama angkot B14 (merah) jurusan Citraland - Puri... sama angkot 24 cuman yang jurusan pasar koplo (ini gue rada nggak tahu)

Kalau dari Binus:
Naik 91 arah CL, kira-kira 1 KM dari Binus square 91 naik jembatan, pas turun jembatan turun di sekolahan. dari sekolahan itu, nyebrang. disitu ada banyak ojek nongkrong dari situ naik B14 arah CL. (kalau mau jalan kaki juga bisa, kira-kira 10 menit sampe. kurang dari 1KM)

Kalau dari TA:
dari mediterania jalan dikit ke sampe ke gang yang banyak angkot lewat (100m dari medit) sampe nemu angkot merah B14, naik aja. bilang sama abangnya "Gedung Tomangng Tol".

untuk referensi bisa lihat peta yang disediain sama webnya EF TJD:




kalau masih binggung juga.. naik ojek aja.. atau taxi.. tapi jangan lupa bawa peta'nya

kalau naik B14, kalian akan turun di bagian belakang tomang tol. ciri gedungnya itu (dari belakang) ada gerbang(pagar) ijo gede.
Tomang Tol itu lantai 1 nya kayak supermarket.
Kalau dari depan keliatan ada palang EF lumayan gede.

3 comments:

  1. Finally, tanggal 8 November 2010
    gue akhirnya berhasil juga menemukan jalan ke EF...ckckckck
    naik apa? TAXI boo..
    ternyata yang bener itu yah naik B14 arah tanjung Duren....sebenernya ada lagi yang lucu pas proses test & interviewnya...
    maybe I'll post it next time... :)

    ReplyDelete
  2. haloo kalo dari arah taman anggrek ke EF tanjung duren naik apa yak? saya jg ada interview besok tapi gak tau lokasinya dimana

    ReplyDelete
  3. Hi semua, karena banyak yang tanya kira-kira gini jalan buat kesana:


    Jadi gedung EF itu terletak di Gedung Tomang Tol lantai 4.
    Gedung itu dilewatin sama angkot B14 (merah) jurusan Citraland - Puri... sama angkot 24 cuman yang jurusan pasar koplo (ini gue rada nggak tahu)


    Kalau dari Binus:
    Naik 91 arah CL, kira-kira 500 m dari Binus square 91 naik jembatan, pas turun jembatan turun di sekolahan. dari sekolahan itu, nyebrang. disitu ada banyak ojek nongkrong dari situ naik B14 arah CL. (kalau mau jalan kaki juga bisa, kira-kira 10 menit sampe. kurang dari 1KM)

    Kalau dari TA:
    dari mediterania jalan dikit ke sampe ke gang yang banyak angkot lewat (100m dari medit) sampe nemu angkot merah B14, naik aja. bilang sama abangnya "Gedung Tomangng Tol".

    untuk referensi bisa lihat peta:

    kalau masih binggung juga.. naik ojek aja.. atau taxi.. tapi jangan lupa bawa peta'nya.

    ReplyDelete