LES? JULIANA JAYA!

Pernah denger nama Juliana Jaya? pasti jawabnya... kayaknya pernah...tapi dimana yaa.. di angkot! hahaha
Juliana Jaya sistem promosinya kebanyakan pake cara nempelin sticker di angkot-angkot.

apaan sih Juliana Jaya?
Juliana Jaya itu tempat kursus jait! dan iya! gue les jait tahun ini.. hehehe


Jadi Juliana Jaya itu tempat kursus menjahit yang memang mempersiapkan murid-muridnya buat jadi penjahit (profesi). Loh emang lu mau jadi penjahit? jawabannya gua mau tau cara menjahit.

jadi semuanya berawal ketika gue merasa gue bosen dengan rutinitas yang ada dan butuh sesuatu yang baru... dan tiba-tiba terbesit, LES JAHIT!

dengan les jahit, setidaknya kan harapan gue buat pake baju-baju nan modis dan body fit akan lebih mudah kesampean setiap saat.

Setelah itu gue mulai survey tempat jahit, ada banyak..
mulai dari yang ternama Esmod sampe nemu yang deket tempat kerja (dulu) Sanly's Fashion.
 Listnya bisa diliat disini Daftar Sekolah Fashion/Mode & Kursus Menjahit Di Jakarta

Mulai Survey harga, terus kagetlah pas tau kalau ternyata sekolah Mode yang bener-bener serius nggak murah, ratusan juta bahkan ada yang bilang hampir 1 M (ah lebay banget yah tuh orang)
terus pergi nanya-nanya juga ke salah satu nama tempat les jahit yang tertera di list. Harganya emang nggak sampai ratusan juta, tapiiii.... puluhan juta!
bikin gue stress... gue cuman mau belajar cara menjahit (basic) aja.

naik angkot dan akhirnya liatlah gue tempelan sticker JULIANA JAYA!

wah! seneng banget, mana deket kost'an.. akhirnya buru-buru survey tempatnya dan tanya harga pastinya.

Harganya nggak sampai puluhan juta, tapi tetep jutaan.

Jadi di Juliana Jaya itu ada 3 tingkat:
Dasar
Terampil
Ahli

Waktu gue daftar (kira-kira bulan maret 2012) harganya itu Rp.1.950.000,- untuk tingkat dasar.
10x praktek (maksudnya model baju yang dibuat)

Ada promo, kalau ambil tingkat terampil sama Ahli ada discount 50% dari total harga kursus 3 level.
Kalo dikira-kira totalnya 4 juta.

Untuk tingkat dasar itu dapet perlengkapan awal (senjata buat perang) dan bahan buat setiap praktek udah disiapin dan sudah termasuk dalam biaya kursus.

kalau tingkat selanjutnya, bahan siapin sendiri (boleh titip beli).

Untuk tingkat dasar, kita nggak boleh tuh bawa-bawa model baju yang kita penginin terus bikin sesuai yang kita mau'in. Menagapa? soalnya baru dasar. kalau sudah terampil atau ahli, bebas meskipun ada materi wajib dari Juliana Jayanya juga.

Materi tingkat dasar itu ada 10 praktek

1. Blouse
2. Rok
3. Dress
4. Kebaya
5. Baju Anak
6. Kemeja
7. Daster
8. Kulot (celana rok)
9. Blouse setali
10. Kerudung

pengajarnya baik banget... sabar dan emang udah lama ngajar juga... yang les disana juga baik-baik.. :)

Kesan setelah hampir selese tingkat dasar

Jahit itu susah dan harus bener-bener teliti dan sabar.
Selain itu juga harus siap tangan ketusuk2 jarum.


Sebenarnya kalau menurut perkiraan yang ngasih kursus, 1 level bisa selesai dalam 2 bulan - 3 bulan tergantung rajin atau nggak datang les'nya.

Sedangkan gua? datengnya angin-anginan.. hahaha...
Pernah absen sampe hampir sebulan... kenapa? sibuk! hahaha

Pas libur kemaren, kebut, ternyata bisa dikejar kalau emang niat. Alhasil 6 stell baju bisa jadi dalam 3 hari! (STANDING APPLAUSE) hahaha ---- harap diperhatikan, maksudnya jadi adalah sekedar jadi. hahaha.

itu les'nya jor-jor'an.. dateng jam 1 siang.. non stop sampe jam 9 malem. 
(Ibu yang ngeles'in begitu tau gue libur juga nahan suruh lembur les'nya.. hahaha.. kemungkinan besar gara-gara murid yang satu ini datengnya jarang-jarang)

akhirnya selama 3 hari, gue menghabiskan waktu di tempat les dan yang paling terasa adalah punggung pegelll banget... soalnya kalau jahit itu harus duduk tegap.. ga bisa tidur2an apalagi sambil kayang...

Sekarang level dasar udah mau selesai; HORAY!!!!
bener loh ternyata iklannya yang ada di sticker : "DIJAMIN PASTI BISA"
buktinya gue yang nggak ada basic bisa jahit sama sekali akhirnya bisa..... (cuman yah bisa sekedar bisa...hahha)

Sekedar Informasi buat yang belum tahu nih step-step dalam menjait apa aja, nih gue kasih tau..

1. Ukur Badan
2. Bikin Pola di buku (ini kayak pola seharusnya yang skalanya diperkecil0
3. cetak Pola di buku pake kertas warna + tempel di buku
4. kasi jarak potong kain untuk pola yang udah di ditempel tadi.
5. Bikin Pola besar (ukuran asli)
6. Guting dan pasang pola di kain
7. Kasih jarak di kain setelah di Jarumin pola (kayak no 4) - ini buat lebih kain pas dijait
8. Potong kain
9. Radar setiap sudut mengikuti Pola (untuk nandain yang mana yang dijait)
10. Buka pola kertas
11. Hubungkan titik-titik yang harus dijait pake jarum pentul
12. Jait asal pake tangan (tujuannya biar pas pake mesin, kainnya ga lari2 *ayam kali*)
13. proses jait yang lumayan ribet
14. pasang resleting atau kancing
15. pasang cantolan atau lubang kacing
16. som tangan buat pinggir-pinngir bajunya biar rapih.

Panjang dan ribet yaa...

Kalau gue awalnya paling males pas bagian bikin pola soalnya itung2an, menghubungkan tiitk demi titik.... tapi kalau udah biasa nggak susah lagi.

Sekarang paling males bagian som tangan + bongkar kalau salah jait... malesss... andai semua bisa pake mesin, lebih baik mesin aja.. cuman kata ibunya tar lipatan bajunya jelek karena jahitannya keliatan. kalau som tangan itu lebih halus dan sebisa mungkin benangnya nggak keliatan diluar.

Kalau les normal.. misalnya sekali datang 3 jam, 1 baju bisa jadi dalam 2-3 pertemuan. soalnya bagian pola itu lumayan makan waktu...

Jadi bisa dibilang
Part 1 : bikin pola
part 2 : udah masuk ke praktek yang udah pake kain.

itu pun sisa-sisanya kerjain di rumah, kayak pasang kacing, som tangan, dll..

Nanti kapan-kapan gue post deh hasil karya gua dari nomor 1 sampe 8... hahaha
Nomor 9 belum jadi, baru jadi pola besar.. belum potong kain dan gue udah bolos seminggu..hahha
maap ya bu, saya sibuk lagi :)

intinya kalau les jait itu

"PRACTICE MAKES PERFECT"



Update 09 February 2014

Wow, nggak nyangka banyak yang ngunjungin blog saya gara2 post yang satu ini.
Berikut rangkuman pertanyaan yang sering banget ditanyain ke saya:


Pertanyaan : Les nya di Juliana Jaya mana?
Jawaban: Di cabang Jakarta Barat, Rawa Belong - Binus


Pertanyaan : Kalau mau ke sana naik angkot apa?
Jawaban: Angkot biru M11 (Mikrolet kali disebutnya)


Pertanyaan : Jahitnya pakai metode apa?
Jawaban: Metode Jepang


Pertanyaan : Diajarin pecah pola nggak?
Jawaban: Iya kalau sudah sampai tingkat terampil, kalau dasar masih belajar pola dasar.


Pertanyaan : Pakai mesin jahit apa?
Jawaban: Mesin jahit yang model dulu, bisa pakai dinamo bisa nggak.


Pertanyaan : Nomor telfonnya berapa?
Jawaban: (021) 5484924 (cabang tempat saya les)


Pertanyaan : Sekarang harga kursusnya berapa? Masi ada promo nggak?
Jawaban: Untuk itu saya kurang tahu, harap hubungi nomor yang di atas aja untuk tanya-tanya lebih lanjut.


*Saya di sini memberikan informasi yang saya tahu sebagai murid Juliana Jaya ya. Jadi kalau misalnya ada perubahan ketentuan, harga, dan lain sebagainya, semua itu di luar kendali dan pengetahuan saya. Semua ketentuan dan informasi yang saya muat dibuat berdasarkan pengalaman pribadi saya les di Juliana Jaya pada cabang yang saya sebutkan. Kalau misalnya beda Juliana beda ketentuan (misalnya ada yang mengunakan mesin jahit portable, dll) itu juga di luar pengetahuan saya. hahaha. intinya para pembaca harap maklum dan konfirmasi lagi ke pihak Juliana Jaya kalau memang berniat mengambil kursus di sana.

Jika ada pertanyaan lagi, bisa comment di bawah atau isi box pertanyaan di samping.
Semoga semua informasi yang saya berikan dapat membantu.


UPDATE HARGA TERBARU  (Feb 2014)

(JULIANA JAYA CABANG JAKARTA BARAT/RAWA BELONG)

DASAR - Rp. 2.900.000,-
TERAMPIL - Rp.  3.500.000,-
MAHIR - Rp. 3.700.000,-

Kalau ambil paket ALL IN ONE - Disc 50% Jadi dibayarkan Rp. 5.000.000,- untuk 3 tingkat.



JIKA INGIN BERTANYA SOAL HARGA, MATERI, CICILAN, DLL - HARAP LANGSUNG MENGHUBUNGI JULIANA JAYA-NYA.





48 comments:

  1. wah ngebantu banget. aku juga mau belajar jait yang dasar aja. itu kamu di juliana jaya mana ya?

    ReplyDelete
  2. Juliana Jaya
    Jl MH Ung 7-A RT 010/01
    Jakarta 10650
    Jl Bekasi Raya Km 19/10
    Jakarta 13920

    ReplyDelete
  3. Senang kalau memang postingan ini membantu.
    saya lesnya di Jakarta Barat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Juliana jaya yg jakarta barat dimana ya ?

      Delete
  4. Salam kenal, saya Nisa..
    Mau tanya nih.. Kalu disana diajarkan pecah pola gak?
    Pengennya bisa buat pola sendiri gitu.. :)

    ReplyDelete
  5. daerah jakarta pusat ada ga ya cabang juliana jaya

    ReplyDelete
  6. yang di pondok gede ko ga da no.telp nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Depan Asrama Haji 02198268014
      (baru tanya tadi nih)

      Delete
  7. Jadi mau belajar jahit juga,,,heheheee

    ReplyDelete
  8. Diajarin pecah pola juga.. cuma nanti untuk tingkat terampil+ mahir.. kalau dasar belum... masih belajar pola dasar.

    Juliana Jaya tempat saya les di Rawa Belong - Binus.

    ReplyDelete
  9. boleh tau nomor teleponnya ga? itu mesin jahitnya listrik?

    ReplyDelete
  10. Salam kenal...nanya nich ... kursus di Juliana Jaya itu pola da sarnya pake metode apa ? Misal : metode So En atau Dress Making atau apa ..... aku pernah kursus di tempat lain tapi metodenya gak jelas,jd aku pingin kursus lg di lembaga yg metodenya mungkin aku cocok ...seperti dibuku2 yg pernah aku baca. Tks @ Rita

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Hi semua,
    untuk nomor telppon bisa menghubungi (021) 5484924

    untuk metodenya mengunakan metode Jepang

    ReplyDelete
  13. Wah seru uda mau selesai tingkat dasar ;) Aku juga ikut kursus di Juliana Jaya cab Ciputat, baru masuk sebulan tepat hari ini, dan sekarang uda masuk praktek ketiga. Ternyata seru juga ya belajar jahit, hehe. Salam kenal.

    ReplyDelete
  14. Wah hahahahaha kocak bgt nih post nya, bisa bikin ketawa
    Aku tertarik bgt buat ikut les jahit :) baru pernah denger Juliana Jaya tapi ternyata udh terkenal and banyak cabang ya hehe
    Thanks for share :D

    ReplyDelete
  15. Sama-sama.
    salam kenal semuanya :D

    ReplyDelete
  16. salam kenal. infonya sangat membantu sekali. bisa direkomendasi mesin jahit enaknya pake mesin jahit merk apa & harganya terjangkau kantong. Thx :)

    ReplyDelete
  17. Biaya kursus di bayarkan sekali wkt masuk ato gmn?

    Thanksg

    ReplyDelete
  18. Biaya kursus di bayarkan sekali wkt masuk ato gmn?

    Thanksg

    ReplyDelete
  19. Hi,
    Untuk mesin jahit, karena saya juga masih awam saya juga kurang bisa ngasih rekomendasi (takut salah) cuman sempat denger2 katanya kalau yg jadul lebih tahan pakai dibandingin sama yang portable. Soalnya yang protable katanya harus diisirahatin setelah dipakai berapa lama gitu.

    untuk biaya kursus. Coba tanya ke pihak Juliana Jaya saja.
    Saya waktu itu langsung cash.

    ReplyDelete
  20. halo. trims utk postingan yang menarik. jadi tertarik belajar jahit nih. :D
    kapan ni di posting hasil karya jahitnya yg no 1-8?
    salam kenal
    tasha

    ReplyDelete
  21. bener2 hot les di JULIANA JAYA apalagi pengajarnya bu endah,wow begete dagh,,pokowe,maknyuz belajar di JULIANA JAYA,tujuan saya ikud emg blm bisa sama sekali tp kepingin bisa,rasa itu yg menuntun saya utk belajar,hingga akhirnya di JULIANA JAYA memank wokeh.hehe

    ReplyDelete
  22. Kalo yg di jakarta selatan ada gak ya si juliana jaya ini?

    ReplyDelete
  23. Untk hasil akhir jka kta lulus. Dpt ijasah atau sMcm rapor hasil les ny ga?

    ReplyDelete
  24. my random tought tonight is pengen bisa jahit baju sendiri,,,gugling2 dan nemu blog ini,,thanks loh infonya bermanfaat banget,,

    ReplyDelete
  25. Jawab pertanyaan lagi ni :

    Untuk cabang Juliana Jaya, silahkan check sendiri ya ke Juliana'nya karena saya sendiri nggak punya database cabang2 Juliana Jaya.

    Setelah masa belajar, akan ada ujian setiap tingkat.
    Kalau lulus dapet Ijasah berserta nilainya.

    Ujiannya gimana sih?
    Ujiannya ditentukan oleh kantor pusat Juliana Jaya.


    Terima kasih yang sudah membaca + comment.

    ReplyDelete
  26. Halo.. saya owner dari online butik House of Emma (www.THEHOUSEOFEMMA.com) dan saya sedang mencari2 partner yg bisa diajak kerja bareng utk memajukan House of Emma dengan baju2 yg di design n produksi locally. Saya mencari orang yg bisa fokus utk manage creative-nya (design dan produksi), karena saya akan lebih fokus ke bisnisnya. Kalo ada yg tertarik dengan proposal saya, boleh di email ke: houseofemma@ymail.com yaaa.. mungkin mau tanya2 dlu.

    Thankyouu

    ReplyDelete
  27. Salam kenal,klu jualiana yg di ciputat alamat lengkapnya dimana?tertarik buat kursus jait hehehe

    ReplyDelete
  28. Τнäиκчöu bgt Чα?? Saya jd makin yakin dan mantab bwt ambil kursus... Salam kenal.. :)

    ReplyDelete
  29. Sis gambar nya lucu bgt. Bkin dmn yah ? Boleh di contek ga yah....hoho..hehe

    ReplyDelete
  30. Minta no telp Juliana Jaya yg di Pondok gede dunk...!

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. halo mau tanya dong, aku juga tinggal didaerah kemanggisan.. kl dari slipi jaya angkotnya yg mana ya untuk ke JJ rawa belong itu?

    thx before sis ^^

    ReplyDelete
  33. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  34. pengen bgt kursus jahit sis,
    klo ndak salah dulu saya pernah baca kursus juliana jaya di daerah kp.200 bekasi.. apa sekarang sudah pindah ya sis?

    ReplyDelete
  35. makasih banyaak info nya ya kak, :D suwun..

    ReplyDelete
  36. Thanks sis infonya. Berminat daftar yang di kemayoran, ga jauh dari rumah hehehe
    Oyah ladies, nih saya dapat linksnya Juliana Jaya. http://julianajaya.com/brosur/
    Secara harga uda berubah, tapi disitu ada pogram pendidikan dan alamat kantor2 cabangnya.

    ReplyDelete
  37. untuk juliana jaya depok apa masih aktif,saya contact selalu tidak ada jawabanya,apa sedang libur?

    ReplyDelete
  38. thanks info nya.saya pengen bgt bisa jait tpi awam bgt jait pun ga bisa hehehee tp emnk ada rencana penget kursus jahit siapa tau aja bisa jadi peluang bisnis hehheee..

    ReplyDelete
  39. permisi kak... bisa minta info harga dan jadwal kursusnya kak ke fandijayadi@ymail.com terima kasih

    ReplyDelete
  40. Thanks for sharing infonya via blog ini.
    Buat yg nanya2 no tlp, cabang lain, harga, dll., pls baca blog nya keseluruhan. Udah ada info no tlp yg jakbar plus Harganya. Kasian org ditanya2 dan dibikin repot utk urusan pribadi kalian. Kan tinggal hub tuh no tlp nya. Be resourceful dung!

    ReplyDelete
  41. hi say.. cuma mau info aku call nomor d atas ga bisa yah, kemapa yah?

    ReplyDelete
  42. Hi, aku juga udah coba hub nomer2 diatas kok ngga bisa2 yah dr kemaren ? Apakah ada nomer lain yg bisa saya hubungi ?
    Aku mau belajar jahit juga nih.. Buat di cabang depan asrama haji ato yg di area pondok.. Tolong infonya yah, thanks 😉

    ReplyDelete
  43. Kursus jahit emg perlu bgt, meskipun bapak ibu saya penjahit, saya jg tetep kursus jahit ditempat orang, bagaimanapun kursus menjahit akan menambah pengetahuan kita dalam menjahit....

    ReplyDelete
  44. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  45. Lucu, gaya nulisnya bikin gua ngakak. Jd makin pengen ngeles jait, tp msh mikir× mau di mana.

    ReplyDelete