[Review] Nyi Roro Kidul Project Film

Pas pertama liat posternya, gue kira film ini soal para mahasiswa yang memburu mahluk gaib.
Ya model-model gosh buster gitu, tapi ternyata dugaan gue salah.



Ceritanya tentang apa?
Ceritanya dimulai dengan pesta sweet 17 Sandra. Pas lagi pesta ulang tahunnya, ternyata kedua orang tuanya kecelakaan. Lalu setelah orang tuanya meninggal, tantenya Sandra ngasih tau kalau sebenarnya Sandra bukan anak kandung orang tuanya. Sandra otomatis jadi galau dan pengen nyari tahu orang tua kandungnya. Karena menurut tantenya dia berasal dari salah satu panti asuhan, akhirnya Sandra dan teman-teman segenknya memulai perjalanan mereka.

Terus apa hubungannya sama Nyi Roro Kidul?
Ternyata panti asuhan itu ada di sebuah desa yang di sebut desanya Nyi Roro Kidul.

Projectnya?
Sisanya nonton sendiri ya... hahaha.

Bagus ga?
Lumayan. Awalnya setelah ngeliat opening yang menurut gue agak dipaksakan, ternyata gue berhasil dibikin penasaran dan deg-deg'an dengan misteri yang ada.
Beberapa hal yang patut diacungi jempol dalam film ini antara lain:
1.       Pemilihan setting tempat.
Setting tempat yang dipake berhasil bikin gue deg-degan meskipun setting waktunya masih siang bolong. Rumah-rumah kosong yang kesan angkernya dapet banget. Ditambah lagi perabotan-perabotan sama kondisi rumah yang mendukung banget bikin makin deg-deg’an.
2.      Jalan cerita yang bikin penasaran
Meskipun awalnya agak cliché tapi film ini berhasil bikin penonton penasaran dan pengan tahu asal muasal Sandra terutama dengan kaitannya sama desa Nyi Roro Kidul. Menjelang puncak cerita, pas Sandra and the genk balik ke Jakarta, gue bener-bener dibikin penasaran dan nebak-nebak apa yang sebenarnya terjadi.
3.      Karakter Gento yang lucu dan jayusnya konsisten.
Dari opening sampe menuju ending film, pas lagi adengan serius maupun serem karakter Gento ini bener-bener konsisten lucu dan jayusnya. Pilihan tepat menghadirkan dia dalam film ini.
4.      Ada unsur “surprise” pada isi cerita.
Menuju ending ternyata ada unsure kejutan yang dikasih ke penonton. Gue acungi jempol buat cerita yang bener-bener nggak bisa disangka ini. Bagus dan beda.

Nggak ada jeleknya?
Nah.. kalau ke bagian ini, mungkin kira sebutnya jangan jelek tapi agak aneh dan bisa diperbaiki aja ya.
Ada beberapa hal yang menurut gue kurang pas dan agak aneh dalam film. Misalnya:
1.      Opening yang kelewat cliché
Openingnya kelewat dipaksain kalau menurut gue. Pas ultah ke 17, orangnya Sandra kecelakaan dan dia akhirnya tahu dia bukan anak kandung mereka. OMG. Belum lagi pas Sandra ulang tahun, si Sandra make bando super aneh dan baju super simple yang nggak ada kesan dia lagi pesta ulang tahun. Menurut gue, baju sahabatanya, si Anggun, bahkan lebih cocok dipakai sama yang empuya pesta dibanding yang dipake sama Sandra. Terus gue juga binggung meskipun nyoba ngerti juga alasan temen-temennya Sandra yang juga masih anak SMA berkelana buat nyari tahu siapa orang tua kandung Sandra. Kesannya mereka sohib-annya gila gilaan abis.
2.      Judul film dan isi film kurang relevan.
Nyi Roro Kidul Project dan apakah projectnya? Sebenarnya memang ada salah satu tokoh yang ternyata lagi berkunjung ke desa Nyi Roro kidul itu untuk dijadiin project hunting dia. Cumaa.. menurut guemasih kurang pas kalau judulnya ada kata “project”nya soalnya inti cerita film ini bukan focus ke project itu sendiri. Tapi kalau gue disuru mikirin judul yang cocok… gue sendiri juga binggung… hahahha.
3.      Sebab akibat konflik utama film dengan penyelesaian hampir nggak ada hubungannya dan malah bikin binggung.
Dari awal sampe menuju ending, rasa penasaran penonton udah berhasil dibangun dengan baik tapi pas tau endingnya…. Jadi comment “yaaaah…..terus?”
4.      Banyak misteri yang belum kejawab
Banyak banget misteri yang belum ke jawab. Misalnya, orang tua kandung si Sandra, hubungan antara cincin yang dpunggut Gento sama isi cerita, dan kayaknya dia munggut cincin itu setelah dia……..kan? Aneh aja. Siapa orang berhoddie yang muncul di fotonya Ernest? Dan si Ernest ini sebenarnya hunting buat apaan….. hobby aja? Hahaha.
5.      Jayus Gento yang tidak pada tempatnya.
Dari awal film, si Gento ini emang udah suka nyeletuk dan nyeletuknya jayus banget. Misalnya pas di awal film, ada polisi yang dateng ke ulang tahun Sandra. Pas Gento dikabarina da polisi, komentar dia adalah “Polisi? Ngapain polisi ke sini? Oh… gue tahu.. polisi pasti teman kita juga kan?”….Oh pleaseeee…. Hahahaha!

Film ini lumayan buat ditonton kalau lagi iseng. Cuman sebelum nonton jangan terlalu berharap mendapatkan jawaban jelas dari konflik awal yang coba ditampilkan ya. Unsur cerita yang nggak ketebak juga lumayan bikin nggak terlalu kecewa dengan jalan cerita.

Selamat menonton.



0 comments:

Post a Comment